Gambaran Umum

Aberdeen adalah salah satu kota yang terletak di Skotlandia, yaitu daerah utara dari United Kingdom atau yang lebih akrab kita kenal sebagai Inggris Raya. Jarak rata-rata antara kota Aberdeen dan ibu kota UK, London, kurang lebih 880 km. Kota ini terkenal sebagai pusat energi, terutama di bidang minyak dan gas untuk daerah Eropa. Hal ini menjadikan Aberdeen menjadi daerah ketiga yang paling banyak penghuninya di Skotlandia sekaligus salah satu kota dengan biaya hidup lebih tinggi dibandingkan daerah-daerah lain di UK.

7932-aberdeen-locator-map
Aberdeen in United Kingdom’s map

Sebagaimana negara subtropis pada umumnya, di Aberdeen terdapat empat (4) musim dalam setahun, yaitu musim dingin, semi, panas dan gugur. Suhu rata-rata akan berbeda dari musim ke musim, tetapi suhu tertinggi biasanya terjadi di musim panas yaitu 18 C) dan bisa mencapai di bawah 00 C pada saat musim dingin. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah angin di Aberdeen relatif cukup kencang dan cuaca cukup fluktuatif.

Terdapat 1 bandara di kota Aberdeen yaitu Aberdeen International Airport yang terletak di Dyce, berjarak 10Km dari University of Aberdeen. Pada umumnya, penerbangan dari Indonesia menuju Aberdeen dapat ditempuh melalui dua pilihan, yaitu Garuda Indonesia atau maskapai UAE.

Aiport
Aberdeen Airport