Registrasi & Dokumen Penting

biometric-residence-permit-card

  • Biometric Residence Permit (BRP)

BRP merupakan kartu identitas sementara selama bertempat tinggal di UK sebagai pengganti visa. BRP berlaku selama studi berlangsung. Lokasi pengambilan BRP akan diberitahukan di surat yang diberikan oleh pihak VFS Global pada saat pengambilan visa sementara dan passport. Umumnya, lokasi pengambilan berada di Post Office Berryden – Unit 5 Berryden Retail Park, Berryden Road, Aberdeen, AB25 3SA. Dokumen yang perlu disiapkan untuk pengambilan BRP adalah paspor, surat pengantar yang diberikan oleh VFS pada saat pengambilan paspor yang dibubuhi Visa UK, dan alamat tempat tinggal di UK.

  • Registrasi, Visa Check, dan Student ID Card

Sebelum mengambil Student ID card, pastikan anda sudah melakukan registrasi (setiap mahasiswa akan dikirimi email berisi link untuk melakukan registrasi atau e-reg) dan mengunggah pas foto berlatar belakang putih atau abu-abu. Terdapat laman khusus untuk menggunggah foto, dapat ditemukan di laman universitas (https://w3.abdn.ac.uk/photoupload/default.aspx).

Visa check dilakukan setelah Anda mendapatkan BRP. Terdapat loket khusus untuk Visa check di dalam Info Hub/The Hub. Yang dibutuhkan adalah paspor dan BRP, yang akan difotokopi oleh pihak universitas sebagai pendataan. Setelah itu, mereka akan melakukan pengisian formulir dan mengkonfirmasi data diri Anda, diikuti dengan tanda tangan. Anda akan diberikan kartu yang menandakan telah melakukan Visa check.

Student ID card dapat diambil di Info Hub/The Hub pada masa orientasi (induction week) dengan menunjukkan paspor atau BRP (Biometric Resident Permit). Selain saat induction week, Student ID card juga dapat diambil di kantor jurusan masing-masing (tergantung jurusannya).

  • Student Tax Exemption

Setelah melakukan Visa-Check di universitas, Anda dapat meminta Surat Pengantar dari Universitas untuk pengajuan student tax exemption ke City Council. Surat Pengantar ini berisikan data diri Anda dan menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah student.

Pada Web: http://www.aberdeencity.gov.uk/council_tax_benefits/discounts_students.asp download “Student Exemption Form” pada pilihan “How to apply for Council Tax Student Exemption”. Student Tax Exemption hanya dilakukan oleh penghuni private flat. Penghuni student accommodation tidak perlu mengurus tax exemption. Setelah form diisi secara offline, form diberikan langsung ke Aberdeen City Council. Setelah aplikasi diterima, student akan dibebaskan dari biaya tagihan air dan pajak selama masa residensi.

  • Lapor Diri Online

Student diharuskan untuk melaporkan diri ke kedutaan besar Republik Indonesia di UK setelah sampai, untuk menginformasikan keberadaan warga negara Indonesia di negara UK. Lapor diri dapat dilakukan secara online dengan mengakses : https://consular.indonesianembassy.org.uk/wni.html#layananwni

  • GP & Dental Practice

GP mirip fungsinya dengan puskesmas di Indonesia. Biaya berobat di GP umumnya gratis sebab kita sudah membayar biaya NHS (National Health Service) ketika apply visa ke UK. Para mahasiswa yang baru datang ke UK sebaiknya segera mendaftarkan diri ke GP setelah sampai di UK. Registrasi GP sendiri terkadang disediakan oleh pihak kampus pada saat freshers’ week, jadi sebaiknya selalu update tentang info-info dari kampus. Jika tidak sempat registrasi GP di kampus (atau jika tidak disediakan oleh pihak kampus), para mahasiswa tetap bisa melakukan registrasi GP langsung di lokasi GP yang diinginkan di tempat -tempat berikut:

Nama GP Alamat
Old Aberdeen Medical Practice 12 Sunnybank Rd, Aberdeen AB24 3NG
Calsayseat Medical Group 44 Powis Pl, Aberdeen AB25 3TX
Rosemount Medical Group 1 View Terrace, Aberdeen AB25 2RS
Albyn Medical Practice 30 Albyn Pl, Aberdeen AB10 1NW