Kuliner

unnamed

Bagi kita yang terbiasa dengan masakan Indonesia yang berbumbu, makanan Aberdeen bisa jadi cenderung terasa hambar. Makanan yang biasa ditemui normalnya ialah makanan khas UK yaitu fish and chips, sandwich, burger, dan sebagainya. Ketidaktersediaan restoran Indonesia di Aberdeen memaksa kita para mahasiswa untuk bisa mengembangkan kemampuan memasak. Bagi yang tidak suka memasak, kerinduan kita akan masakan Indonesia dapat sedikit terobati dengan adanya beberapa warga Indonesia di Aberdeen yang menjual makanan khas Indonesia dengan kisaran harga 3.5 โ€“ 4 pounds per porsi. Namun, ini sifatnya seasonal, artinya mungkin tidak selalu ada. Oleh karena itu, sangat penting untuk belajar masak karena selain bisa memenuhi keinginan lidah dan perut, hal ini juga sangat menghemat pengeluaran.

Tempat berbelanja dan restaurant-restauran yang ada di Aberdeen adalah sebagai berikut:

  1. Beras bisa dibeli dibanyak tempat. Mulai dari toko Asia (Matthews, Rice and Spice, Spice of Asia, Fairdeal) atau supermarket seperti Tesco, Lidl, Morrison, atau ASDA. Penting untuk diperhatikan bahwa beras yang biasa kita konsumsi ialah jasmine rice (beras Thailand), beras Turki, atau basmati rice (beras India), yang biasanya ada di toko-toko Asia yang sudah disebutkan di atas. Tempe dan Indomie bisa dibeli di Matthews atau Rice and Spice. Bumbu dapur seperti daun salam, serai, gula jawa, cabe, kecap ABC, sambal ABC, kunyit, lengkuas, ketumbar, jahe, ikan teri dan banyak lagi bisa di beli di Matthews dan FairDeal.
  2. Daging halal bisa dibeli di Rice and Spice, FairDeal atau Spice of Asia.
  3. Makanan jadi adalah opsi terbaik apabila sedang malas memasak. Tersedia restoran Malaysia, India atau Pakistan yang masih memiliki cita rasa Asia. Makanan halal juga biasanya tersedia bagi yang muslim, contohnya Khyber Pass. Selain dapat memesan western dishes, tersedia pula kebab atau makanan-makanan khas India/Pakistan lainnya.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan buka Bukti Pijar Aberdeen.