Fasilitas Pendukung

  • Olahraga

Aberdeen sport village (ASV) (click untuk melihat fasilitas secara full) merupakan sport site yang paling popular di Aberdeen terutama di kalaangan mahasiswa. Fasilitas yang ditawarkan beragam untuk berbagai jenis olahraga. Sebut saja gym, squash, badminton, futsal, zumba dan lain-lain. Biaya keanggotaan sekitar 20 pounds per bulan dan bisa menggunakan semua fasilitas sepuasnya. Untuk beberapa jenis olahraga seperti badminton, futsal dan basket dapat dibayar per kunjungan sehingga tidak harus jadi member. Beberapa fasilitas olahraga diantaranya Balgownie Playing Fields, Butchart Recreation Centre, Hillhead Centre, dll.

  • Kesehatan

GP merupakan layanan kesehatan lini pertama. Kalau di Indonesia GP bisa semacam puskesmas, dokter praktik ataupun klinik yang menangani kasus-kasus ringan. Semua biaya kesehatan kecuali untuk urusan gigi dan mulut, mata minus dan estetika bisa di dapatkan dengan gratis. Tetapi apabila ingin konsultasi ataupun berobat ke GP harus melalui appointment terlebih dahulu. Kita harus memberitahukan kondisi yang kita hadapi apakah tergolong emergency atau tidak. Apabila terkategorikan sebagai sakit ringan jadwal appointement yang akan didapat biasanya satu minggu berikutnya atau bahkan hanya disarankan istirahat saja. Sakit flu misalnya, tergolong penyakit ringan sehingga kita tidak akan disarankan untuk mengunjungi GP apabila baru sakit selama 2 hari. Kita dapat langsung datang ke pharmacy dan mengemukakan keluhan kita sehingga kita bisa membeli obat yang tepat. Apabila lebih dari batas maksimum konsumsi obat (satu sampai dua minggu) kita masih menderita flu, maka GP akan memberikan alokasi appointment langsung. Oleh karena itu, saat awal keberangkatan, sangat peting untuk membawa bawa obat-obatan pribadi dan surat rujukan dokter (apabila ada) yang biasa di konsumsi di Indonesia.

  • Tempat Ibadah

 

Setiap pelajar, terutama yang muslim memiliki tantangan tersendiri saat belajar dan tinggal di luar negeri dimana Islam bukan menjadi agama mayoritas. Tempat untuk melaksanakan ibadah sangat terbatas dan biasanya susah ditemukan karena tidak ada kumandang adzan dengan gedung yang kecil, terutama yang ada di Aberdeen. Maka dibawah ini terdapat daftar-daftar tempat ibadah dari berbagai agama beserta alamatnya di Aberdeen dan penjelasan singkat mengenai shalat dan puasa di Aberdeen bagi pelajar muslim.

Tidak hanya mencari tempat ibadah, waktu shalat dan puasa juga harus selalu diperhatikan bagi pelajar yang tinggal di Aberdeen karena waktunya akan selalu berubah seiring dengan pergantian musim. Bahkan, waktu shalat dari satu kota dengan kota lain yang masih dalam wilayah United Kingdom bisa jadi berbeda. Maka disarankan bagi setiap pelajar untuk mengatur lokasi aplikasi pengingat sholatnya, atau berpacu pada website mesjid setempat, seperti di aberdeenmosque.org bagi pelajar yang berdomisili di Aberdeen.