Akomodasi dan Transportasi

  • Tipe Akomodasi

Akomodasi yang tersedia di Aberdeen umumnya terdapat 3 tipe, yaitu Private Flat, University Dormitory, dan Public Dormitory.

Private Flat

Istilah “House” mirip dengan istilah rumah yang umum ditempati di Indonesia. Sedangkan flat merupakan tempat tinggal di mana kita akan berbagi satu pintu utama sebelum menuju tempat hunian kita. Meskipun demikian, jangan khawatir. Dapat dipastikan kita akan memiliki pintu lagi sebelum masuk ke area hunian kita. Private di sini berarti akomodasi yang dikelola oleh landlord, ataupun agensi yang menyewakan akomodasi.

University Dormitory

Ada beberapa asrama yang disediakan oleh pihak kampus seperti Hillhead halls yang berjarak sekitar satu mil dari University of Aberdeen (UoA). Meskipun jaraknya lumayan jauh dari kampus, UoA memberikan fasilitas bus gratis (bus 9U) sebagai sarana transportasi.

Hillhead-540x361

University dormitory tidak hanya yang berlokasi di Hillhead saja. Ada beberapa asrama mahasiswa lainnya seperti Elphinstone Hall dan King’s Hall yang terletak di tengah kampus UoA. Mengingat lokasinya yang stategis bagi mahasiswa UoA, Elphinstone maupun King’s Hall cukup digemari oleh mahasiswa.

Durasi kontrak University dormitory dapat disesuaikan dengan kebutuhan, antara satu bulan hingga satu tahun. Perlu diketahui, bahwa masing-masing mahasiswa hanya diperkenankan tinggal maksimal satu tahun selama masa studi.

Public Dormitory

Public dormitory adalah dormitory yang dikelola oleh perusahaan diluar universitas. Beberapa pengelola seperti Student Unite, Liberty, ataupun Ardmuir bekerja sama dengan pihak universitas dalam menyalurkan mahasiswa sebagai tenant pada dormitory mereka. Secara umum public dormitory hampir sama dengan university dormitory. Kebanyakan berlokasi di sekitar kampus (dalam durasi 5-15 menit jalan kaki), sehingga menjadikan public dormitory pilihan menarik untuk akomodasi.

Beberapa pengelola seperti Student Unite, Liberty, ataupun Ardmuir saling berkompetisi memberikan layanan terbaik mereka. Sebagai contoh Ardmuir dengan Trinity Court-nya menyediakan dishwasher dan mesin cuci sebagai fasilitas dormitory mereka.

  • Website untuk Informasi Akomodasi di Aberdeen

Kebanyakan akomodasi baik private, university maupun public dormitory ditawarkan secara online. Beberapa informasi dapat ditemukan pada tautan berikut:

Apabila teman-teman berselancar di website-website seperti Gumtree, Letting web, ataupun Right Move, kalian bisa melanjutkan proses berselancar menuju ke website masing-masing agensi. Biasanya agensi memiliki beberapa private flat/house yang ditawarkan di luar private flat/house yang diiklankan di Gumtree, Letting web, ataupun Right Move.

  • Transportasi

Transportasi di Aberdeen sudah terintegrasi dengan baik. Moda transportasi yang utama adalah bis, tidak ada tram ataupun tube karena memang kota ini tidak terlalu besar. Jadwal tiap bis bisa di temukan di tiap bus stop ataupun melalui Google maps, atau bisa download aplikasi First Bus di GooglePlay/AppStore untuk membeli m-ticket. Tiket bisa dibeli langsung ke supir bis dan dengan menunjukan student ID, siswa terkadang bisa mendapatkan potongan harga tiket bus (sesuai promo yang berlaku). Yang perlu diingat adalah tidak tersedianya uang kembalian di bis jika pembayaran mengunakan sistem tunai.

Jalan kaki atau sepeda menjadi alternatif transportasi yang lebih ekonomis. Bagi yang memilih sepeda, bisa beli di Halfords atau online di Gumtree. University of Aberdeen juga menyediakan tempat penyewaan sepeda bernama BeCycle yang letaknya di High Street samping New King’s Building. Di BeCycle, sepeda bisa didapatkan dengan gratis hanya dengan deposit 40 pounds per kontrak 6 bulan yang bisa diperpanjang.