Kesan Mahasiswa

Aberdeen bagi saya adalah tempat yang tenang dan nyaman untuk belajar. Lebih dari itu, kota ini adalah tempat yang sangat tepat untuk belajar mengenai industri migas di skala internasional karena kota ini menjadi basis dari perusahaan-perusahaan minyak dan gas yang beroperasi di daerah North Sea (salah satu cadangan minyak terbesar di dunia). Dari segi kampus, University of Aberdeen memberikan fasilitas yang sangat membantu proses pembelajaran mahasiswanya dalam hal akademis maupun non-akademis. Kemajuan teknologi dan pengelolaan yang baik membuat semuanya menjadi serba praktis dan mudah sehingga setiap mahasiswa mampu memaksimalkan proses pembelajarannya. Hadirnya fasilitas kegiatan non-akademis seperti berbagai unit semakin mengembangkan potensi diri dari tiap mahasiswanya. Dalam proses pembelajarannya, berbagai latar belakang dan ragam kewarganegaraan dari berbagai penjuru dunia membantu proses sosialiasi dan membuka wawasan saya.

Di luar dunia kampus, banyak pembelajaran yang saya dapatkan di sini. Adanya perbedaan budaya dan kondisi cuaca menambah kemampuan adaptasi saya, sungguh pengalaman yang sangat berharga. Salah satu hal yang paling berkesan bagi saya adalah indahnya pemandangan alam (khususnya highland) dan bersejarah yang bisa saya nikmati di sekitar Aberdeen. Aberdeen sendiri punya pemandangan yang unik. Aberdeen terkenal sebagai “Granite City” karena semua bangunan dibangun dengan batuan granit.

Secara umum, belajar di Aberdeen telah memberikan saya banyak pembelajaran baik di bidang akademis maupun kehidupan non akademis. Dengan ini semua saya berharap agar ke depannya saya menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi masyarakat Indonesia.

Oleh Adrian Tahriz Lazuardi