Struktur Organisasi dan Program Kerja

Kepengurusan PPI Aberdeen 2017/2018 terdiri dari Ketua, 1 Badan Aspirasi, dan 4 Departemen pelaksana. Adapun Departemen pelaksana yang dimaksud meliputi Sekretariat Jenderal, Departemen Kemahasiswaan, Departemen Kekeluargaan, serta Departemen Komunikasi dan Informasi. Berikut adalah detail dari masing-masing Badan dan Departemen:

Badan Aspirasi

Badan Aspirasi merupakan Badan ad hoc yang terdiri dari perwakilan anggota PPI Aberdeen untuk mendukung dan mengawasi keberjalanan program kerja pengurus PPI Aberdeen hingga terbentuknya Badan Penasihat. Badan ini dibentuk dengan tujuan untuk mengumpulkan aspirasi dari anggota untuk dilaksanakan pada program kerja PPI Aberdeen.

Program Kerja Unggulan: Penyusunan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga PPI Aberdeen, Pembentukan Aspiration Center, Penyelenggaraan Pemilu dan Musyawarah Besar

Sekretariat Jenderal

Sekretariat Jenderal merupakan Departemen yang memiliki fungsi untuk menyediakan dukungan administrasi, keuangan, maupun informasi dalam setiap program kerja PPI Aberdeen. Sekretariat Jenderal dimpimpin oleh Sekretaris Jenderal dan Wakil Sekretaris Jenderal, serta didukung oleh Sekretaris, Bendahara, serta Humas.

Departemen Kemahasiswaan

Departemen Kemahasiswaan merupakan Departemen yang bertugas untuk membantu dan memfasilitasi mahasiswa Indonesia di Aberdeen dalam menjalankan perkuliahan serta kehidupan sehari-hari. Departemen Kemahasiswaan bertanggung jawab untuk membantu mahasiswa Indonesia untuk beradaptasi dengan kegiatan perkuliahan di Aberdeen yang secara sistem maupun kultur berbeda dengan Indonesia. Adapun Departemen ini terdiri dari tiga divisi yakni Divisi Penyambutan dan Pelepasan, Divisi Diskusi, serta Divisi Akademis.

Program Kerja Unggulan: Buku Sakti Mahasiswa, Shared-Learning, Briefing Paper, Kompetisi Tulisan Ilmiah, Kompetisi Foto, serta Pengumpulan Bahan Kuliah

Departemen Kekeluargaan

Departemen Kekeluargaan adalah Departemen yang bertanggung jawab dalam menjalankan sejumlah program kerja internal organisasi. Program-program kerja tersebut dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan soliditas dan solidaritas Anggota PPI Aberdeen maupun dengan masyarakat Indonesia di Aberdeen demi mewujudkan PPI Aberdeen yang harmonis. Adapun Departemen ini terdiri dari tiga divisi yakni Divisi Kerohanian, Divisi Seremonial, dan Divisi Minat dan Bakat.

Program Kerja Unggulan: Potluck, Pengajian Rutin, Sharing Group, Olahraga Rutin, Peringatan Hari Kartini, serta Peringatan Hari Kemerdekaan dan Home Tournament.

 Departemen Komunikasi dan Informasi

Departemen Komunikasi dan Informasi adalah Departemen yang bertanggung jawab untuk menyediakan dan mempublikasikan informasi aktual, tidak hanya terkait dengan kegiatan PPI Aberdeen namun juga tentang kehidupan di Aberdeen kepada masyarakat luas. Selain itu, Departemen ini juga berfungsi sebagai pusat informasi satu pintu untuk penyebaran informasi dari pihak eksternal ke internal. Departemen ini terdiri dari tiga divisi yakni Divisi Media Sosial, Divisi Desain, dan Divisi Website.

Program Kerja Unggulan: Update Content Media Sosial, Penyediaan Desain Materi Publikasi, Pembuatan Video Kegiatan, serta Penyempurnaan Website PPI Aberdeen.

Program Kerja Lainnya (Wonderful Indonesia)

Selain program kerja dari masing-masing Badan/Departemen, PPI Aberdeen juga memiliki program kerja besar tahunan yakni Wonderful Indonesia. Wonderful Indonesia adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan keberagaman budaya dan kehidupan di Indonesia kepada khalayak luas, khususnya mahasiswa internsional di Aberdeen. Adapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan, mencakup:

  • Memperkenalkan lagu-lagu khas Indonesia melalui kelompok paduan suara;
  • Memperkenalkan seni tari khas Indonesia, seperti tari kecak, tari saman, poco-poco;
  • Memperkenalkan permainan khas Indonesia; serta
  • Memperkenalkan masakan khas Indonesia.