Beach Clean Up sembari melihat Lumba-Lumba

Hallo semuanya,

Sekarang sedang summer alias musim panas di Aberdeen. Kali ini, PPI Aberdeen mengadakan acara Beach Clean Up & Dolphinwatch yang diadakan atas kerja sama dengan Royal Society for the Protection of Birds atau RSPB. RSPB merupakan organisasi yang bergerak pada kegiatan penelitian dan pelestarian alam. Kalau pengen tahu lebih lanjut, silahkan cek websitenya di https://www.rspb.org.uk/. 

Rombongan berangkat dari King’s College, University of Aberdeen sekitar pukul 11.00 siang. Uniknya, bis yang kami naiki penuh dengan mahasiswa Indonesia dan keluarga. Serasa lagi field trip nih. Perjalanan menuju Torry Battery menempuh waktu selama hampir 45 menit. Meskipun sedikit kebingungan saat menuju ke Torry Battery, kami sampai sekitar pukul 12 siang dan beristirahat sejenak sebelum memulai kegiatan.

Kegiatan Dolphin Watch dimulai dengan penjelasan tentang keberadaan lumba-lumba yang ada di Aberdeen. Menurut RSPB, Aberdeen merupakan tempat yang bagus sekali untuk melihat lumba-lumba jenis bottlenose  yang suka mencari makan di sekitar pantai. Untuk melihat lumba-lumba disini, RSPB menyediakan teropong lho supaya kita bisa mencari lumba-lumbanya dengan lebih mudah. Jadi seru banget. Saat kita sedang duduk-duduk, ada 2 lumba-lumba yang tampak dari kejauhan. Kalian bisa cek video di bawah untuk tahu lebih jauh tentang acara Dolphinwatch ini.

 

Setelah mendengar penjelasan dari volunteer dari RSPB, acara Beach Clean Up pun dimulai. Sebelum mulai, RSPB meminjamkan kami beberapa peralatan dan perlengkapan sepertin sarung tangan, alddat penjepit sampah, dan juga kantong sampah. Kantong sampah nya pun ada 2 macam lho. Kantong sampah pertama untuk sampah yang non-recycleable seperti dedaunan dan ranting-ranting, dan kantong sampah kedua untuk sampah yang recycleable seperti kaca, plastik, dan kaleng.

Tim sudah siap dengan perlengkapannya 

Bersih-bersih dimulai dari bagian bibir pantai di Torry Battery. Kami menyusuri tepi pantai dan mulai mengambil sampah-sampah yang ada. Sejujurnya, tepi pantai ini dapat dibilang sangat bersih. Kami justru kesulitan untuk mencari sampah di bagian ini. Meskipun begitu, perjalanan mencari sampah ini seru sekali karena kami harus melewati batu-batu sebelum sampai ke pantainya.

Setelah dari pantai, kami pun melanjutkan perjalanan ke bagian parkir kendaraan di Torry Battery.

 

Bebatuan dan Pantai di Torry Battery

          Menuju Parkir Kendaraan Torry Battery

Proses pembersihan parkir kendaraan di Torry Battery

Proses bersih-bersih pun dilanjutkan hingga kami kembali ke basecamp atau titik kumpul semula. Ternyata banyak juga lho sampah yang kita kumpulkan hari itu. Selesai acara, tentu kita foto bersama sambil menikmati summer di Aberdeen.

Oiya, sore itu juga banyak lumba-lumba yang bermunculan lho dan beberapa ada yang sampai mengayunkan ekornya sehingga kehadiran sangat terasa berkesan bagi kami.

What a wonderful day to spend your summer 😀

Proses pengumpulan sampah yang berhasil dikumpulkan

Foto bersama ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s