Festival Indonesia 2019

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) dan masyarakat Indonesia yang tinggal di Aberdeen, Skotlandia menyelenggarakan event megah tahun 2019 ini, yaitu Festival Indonesia 2019 dengan tajuk ‘Zamrud Khatulistiwa” yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya, kuliner dan keindahan Indonesia kepada masyarakat internasional.

Persatuan Pelajar Indonesia dan masyarakat Indonesia di Skotlandia melakukan tiga rangkaian kegiatan Festival Indonesia 2019 di tiga kota besar di Skotlandia, yaitu Edinburg, Glasgow dan Aberdeen. Kegiatan Festival Indonesia di Aberdeen merupakan rangkaian terakhir dengan tema  “Emerald of the Equator” yang berlangsung pada tanggal 23 Maret kemarin di ST Machar Academy Aberdeen.

Acara Festival Indonesia ini berlangsung dari pukul 12 hingga 4 sore dengan menampilkan beberapa pertunjukan, yaitu pemutaran video tentang Indonesia, Angklung diiringi penampilan band, fashion show pakaian tradisional dari 10 provinsi (Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, Sunda, Kalimantan Barat dan Papua) yang diiringi oleh lagu masing-masing daerah tersebut, tari Nanda dari Betawi, tari Enggo dari Maluku dan ditutup dengan dangdutan sekaligus flashmob.

Dalam sambutannnya, Muhammad Yunan Fahmi selaku ketua PPI Aberdeen menyampaikan rasa bangga sebagai anak bangsa Indonesia yang bisa memperkenalkan kekayaan budaya, seni, kuliner dan keindahan Indonesia kepada masyarakat global. “Kegiatan ini tidak hanya dimaksudkan untuk sekedar entertainment dan hiburan semata tetapi juga sebagai bentuk soft diplomacy untuk memperkuat hubungan diplomatic Indonesia dan UK yang sudah memasuki umur ke-70” ungkap mahasiswa S3 di Universitas Aberdeen tersebut.

Kegiatan Festival Indonesia merupakan acara tahunan dan yang menjadi event kebanggan bagi pelajar dan diaspora Indonesia yang ada di Aberdeen yang selalu dilangsungkan di bulan Maret setiap tahun. Turut juga hadir  Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris dan Irlandia, Adam Mulawarman Tugio didampingin ketua Masyarakat Indonesia se-Skotlandia (TISS), Dwi Jones. Dalam sambutannya, wakil dubes menyampaikan rasa bangga dan haru terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh pelajar dan WNI di Aberdeen. Selain itu, Adam menambahkan kepada masyarakat internasional yang hadir bahwa Indonesia tidak hanya Bali atau Lombok tetapi juga ada Aceh, Kalimantan, Sulawesi dan masih banyak daerah wisata yang menarik lainnya. Selain itu, wakil dubes tersebut juga mengingatkan kepada diaspora Indonesia untuk berpartisipasi dalam pemilihan presiden, “warga Negara Indonesia yang ada di ruangan ini jangan lupa untuk menggunakan hak konstitusionalnya nanti yaitu memilih presiden dan wakil presiden, baik secara pos maupun langsung ke TPS di London pada tanggal 13 April nanti” ungkapnya.

Hal yang menarik dari semua pergelaran itu adalah bagian fashion show baju tradisional Indonesia yang diperagakan oleh warga asing. “Semua penampilan yang ditampilkan semuanya berkesan tapi yang paling berkesan mungkin adalah pergelaran fashion show” ungkap Stefan, salah satu pengunjung yang datang bersama anaknya. Luapan kegembiaraan juga disampaikan oleh Lea, mahasiswa Internasional berkewarganegaraan Namibia yang ikut berpartisipasi sebagai model fashion show “acara ini sangat luar biasa dan saya berterima kasih sudah dilibatkan dalam event internasional ini dan hal ini juga semakin memperkuat keinginan saya untuk berkunjung ke Indonesia” ungkap mahasiswa s2 di Universitas Aberdeen tersebut.

Selain itu, terjajal stand kuliner khas Indonesia yang menunya terdiri sekitar 41 jenis makanan dari seluruh Indonesia yang disediakan oleh ibu-ibu rumah tangga yang ada di Aberdeen. Jumlah pengunjung yang datang mencapai sekitar 300 orang.

Duta Wakil Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia

Picture1

Foto Fashion Show Pakaian Tradisional Indonesia

6

Penampilan Angklung

7

Bazar Makanan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA10

 

Penampilan Tari

11

IMG_0568

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s