Yuk Berkunjung ke Central Library!

Ibarat pepatah, a room without book is like a body without soul, sebuah kota layaknya tak berjiwa tanpa adanya tempat untuk melepaskan dahaga pustaka. Perpustakaan merupakan cerminan kecerdasan dan kemajuan literasi sebuah masyarakat, tak heran jika keberadaan perpustakaan menjadi hal yang krusial bagi pemerintahan Britania Raya. Tak hanya keberadaannya, perkembangan dan kedayagunaannya juga menjadi perhatian tersendiri. Sehingga tak heran disetiap kota, khususnya kota – kota besar selalu tersedia lebih dari satu perpustakaan.

Seperti halnya kota Aberdeen, kota yang menjadi pusat oil and gas UK dan Eropa ini, mempunyai cukup banyak perpustakaan. Tercatat sebanyak 19 perpustakaan yang terintegrasi dibawah naungan city council atau pemerintahan kota. Berbagai perpustakaan tersebut tersebar di berbagai daerah dan dua universitas, dengan satu pusat perpustakaan yang diberi nama Aberdeen Central Library.

Sebagaimana namanya, Central Library merupakan perpustakaan pusat yang terletak di jantung kota Aberdeen. Tempat yang strategis mempermudah bagi masyarakat sehingga bisa membantu meningkatkan minat baca. Selain itu, kemudahan dan segala fasilitas menarik juga menjadi keunggulan tersendiri bagi perpustakaan ini.

Salah satunya adalah kemudahan menjadi anggota beserta fasilitasnya. Menjadi anggota perpustakaan sangatlah mudah, cukup mendaftarkan diri pada petugas dengan menunjukkan kartu identitas. Berbagai tanda pengenal diterima. Setelah itu, hanya perlu membubuhkan tandatangan pada kartu anggota yang diberikan, yang disertai dengan nomor password untuk menikmati fasilitas multimedia. Hanya dalam sekejap, kartu ini mengijinkan anggotanya untuk meminjam 50 buku dalam sekali pinjam dengan rentang peminjaman satu bulan. Tak hanya itu, anggota perpustakaan juga bebas menikmati fasiltisas – fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan.

20190126_152936

Central library terdiri atas empat bagian, yaitu Adult Lending Library, the Media Centre, the Information Centre and the Central Children’s Library. Adult lending library terdiri atas dua lantai, yang berisi rak – rak besar nan tinggi berisi buku dari berbagai macam genre dari sejarah, fiksi, non fiksi, dan berbagai berbagai jenis lainnya. Lantai satu tergabung dengan resepsionis dan tempat aplikasi visa Inggris. Kantor resepsionis ini juga berfungsi sebagai information centre, pusat segala informasi yang dibutuhkan terkait perpustakaan. Bukan hanya informasi tentang central library, namun termasuk perpustakaan lain yang ada di Aberdeen. Bahkan perpustakaan dapat melayani titipan dalam membantu menyebarkan informasi berupa selebaran atau poster kegiatan ke seluruh perpustakaan cabang.

 

20190126_153334

Lantai kedua ruangan ini didesain dengan beberapa set meja dan kursi untuk kenyamanan membaca. Ornamen berupa origami dan hasta karya menghiasi tiang – tiang diruangan, yang semakin menambah keindahan. Seperangkat printer dan sejumlah komputer juga tersedia. Hanya saja komputer di ruangan ini hanya diperkenankan untuk akses singkat sekitar setangah jam. Sedangkan untuk akses komputer yang lebih lama, pengunjung diarahkan keruangan yang lain, yaitu the Media Centre.Bagaikan berada di dimensi yang lain, the Media Centre dapat ditemuai setelah melewati beberapa pintu dari Adult Lending Library. Setelah pintu terakhir, jika kita melihat ke bawah, akan terlihat sebuah ruangan yang sangat besar penuh dengan komputer yang berjajar di meja-meja. Ruangan ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin bekerja menggunakan komputer dengan jangka waktu yang lama. Beberapa perangkat pencetak, scanner dan foto copy pun tersedia. Internet dengan kecepatan diatas rata – rata pun semakin memudahkan pekerjaan pengunjung. Tempat ini pun dilengkapi dengan kafe kecil yang menjual minuman panas, kue dan sandwich. Masih diruangan yang sama namun dibagian yang lain, terdapat rak – rak yang berisi DVD berbagai macam aliran musik, drama, hingga film. Semuanya bebas dipinjam.

20190126_152903

Tak hanya untuk pengunjung dewasa, Central Library juga mempunyai perpustakaan khusus anak – anak. Tak hanya menyediakan buku bacaan dan mainan, namun perpustakaan ini rajin mengadakan berbagai kegiatan yang ditujukan untuk anak – anak beserta orang tuanya. Tak hanya itu, Central Library juga rajin menyelenggarakan berbagai macam kegiatan untuk pecinta pustaka, seperti diskusi para penggemar novel genre tertentu dan berbagai kegiatan lainnya.

Pemerintah memang mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menumbuhkan minat baca, khususnya sejak masih anak anak. Karena langkah awal dalam belajar adalah membaca, kemudian dilanjutkan dengan menulis dan mengajarkannya. Tertarik untuk berkunjung ke Central Library? Yuk mari datang ke Rosemount viaduct, Aberdeen AB25 1GW.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s