Serunya Berkarir dan Kuliah S2 di Bidang Ekonomi Keuangan Energi

Energi adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dengan keberjalanan aktivitas global. Transportasi, konsumsi, logistik, dan infrastruktur hanyalah sebagian kecil dari aspek yang sangat bergantung oleh ketersediaan energi. Iklim energi suatu negara pun dapat mendikte status kesejahteraan negara tersebut. Alhasil, perusahaan yang bergerak di bidang energi, baik privat maupun publik, pada umumnya memiliki tingkat margin yang cukup tinggi karena tingginya permintaan dari konsumen. Selain itu, perusahaan energi umumnya menawarkan jenjang karir yang menjanjikan serta tunjangan yang cukup menggiurkan kepada pekerjanya. Inilah yang menyebabkan karir di bidang energi sangat populer di kalangan pencari kerja, dari lulusan baru sampai profesional.

Berkarir di bidang energi pun cukup banyak cakupannya, mulai dari tipe spesialisasi pekerjaan sampai jenis energi yang ingin diminati. Spesialisasi pekerjaan mencakup bidang engineering, hukum, procurement, manajemen, ekonomi, keuangan, dan lainnya. Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi sedikit tentang berkarir di bidang ekonomi dan keuangan energi serta pengalaman saya mengecap pendidikan master di Petroleum, Energy Economy, and Finance (PEEF)  di University of Aberdeen (UoA).

Kesempatan karir yang berhubungan dengan ekonomi dan keuangan energi sangatlah bervariasi. Konsultan energi privat, analis data komersial, analis pasar, project manager, analis strategis, konsultan energi pemerintahan, dan academic researcher merupakan sebagian dari karir yang ditawarkan. Pada umumnya, pekerja di bidang ini memiliki deskripsi pekerjaan yang terfokus pada isu tentang permintaan energi, energy forecasting, kebijakan energi pemerintah, kebijakan lingkungan, ketahanan stok energi, perkembangan ekonomi energi, energy market, dan lainnya. Sudah mulai tertarik? 🙂 Apabila sudah, kalian bisa mempelajari semua hal tersebut secara detail, salah satunya, di program master PEEF UoA.

Saya berkesempatan mencicipi pendidikan master PEEF selama setahun di UoA. Selain tertarik dengan mata kuliah yang ditawarkan PEEF UoA, alasan lain yang membuat saya tertarik mengambil program ini adalah karena keinginan saya berkarir di bidang ekonomi energi, tetapi saya tidak ada latar belakang pendidikan ekonomi dan hanya terbekali oleh ilmu perteknikkan. Program PEEF ini termasuk program master tersibuk di UoA karena padatnya SKS yang harus dikejar oleh muridnya untuk mendapatkan title MscEcon di tangan. Kami harus bergulat dengan lectures, tutorial, tugas, dan ujian lima mata kuliah di semester 1 (kurang dari 4 bulan) dan empat mata kuliah di semester 2. Pada semester 3, kami juga diharuskan membuat disertasi sesuai range topik yang ditentukan oleh dosen dan dipresentasikan dalam bentuk poster kepada para pekerja industri energi. Masih tertarik untuk bergabung? 🙂

Di semester pertama, PEEF menyediakan 3 mata kuliah kalkulasi dan 2 mata kuliah teoritikal. Akuntansi, metode kuantitatif, dan analisis ekonomi energi termasuk dalam mata kuliah kalkulasi. Pengantar ekonomi migas dan pengantar perusahaan energi termasuk dalam mata kuliah teoritikal. Untuk akuntansi, kami mendapatkan ilmu dari mulai definisi umum, kalkulasi transaksi bisnis, dan pembuatan financial statement beserta analisis dan interpretasinya. Pada metode kuantitatif, kami diajarkan untuk mencari solusi dari isu-isu ekonomi dan keuangan menggunakan teknik statistik dan matematika, menganalisis, dan menginterprestasi hasil data ekonometri. Selain sesi kelas, computer workshop juga tersedia untuk memberikan kami ilmu praktikal dalam kalkulasi menggunakan software. Teori dasar ekonomi serta contoh perhitungannya diajarkan di mata kuliah analisis ekonomi energi. Dari mata kuliah ini lah pertama kalinya saya “melek mata” mengenai ilmu ekonomi mulai dari teori sampai implementasinya di kehidupan nyata.

Melalui mata kuliah pengenalan perusahaan energi, kami diperkenalkan tentang cara berbisnis perusahaan energi, model ekonominya, financial decision making process, dan isu – isu yang dihadapi perusahaan energi serta pencarian solusinya. Akhirnya, mata kuliah yang (menurut saya) paling penting di PEEF, yaitu perkenalan ekonomi migas. Mata kuliah ini cukup menarik karena langsung ditangani oleh profesor petroleum economist yang sangat terkenal seantero UK, yaitu Profesor Alexander Kemp. Dengan pengalamannya di dunia ekonomi migas selama lebih dari 50 tahun, Profesor Kemp menjadi daya tarik tersendiri di program PEEF. Mata kuliah ini membuka mata kami tentang seluk beluk industri migas, kalkulasi profit suatu proyek migas, dan tentang fluktuasi harga perminyakan dunia beserta efeknya. Topik yang ditawarkan mata kuliah ini sangat informatif dan menarik untuk didiskusikan, terutama setelah jatuhnya harga minyak dunia pada tahun 2014 silam.

Pada semester 2, kami diterjunkan lebih dalam lagi untuk tidak hanya mengerti teori ekonomi energi namun juga praktikalnya di kehidupan nyata. Pada mata kuliah metode empirik, kami diperkenalkan dengan simulasi modelling dan forecasting menggunakan software matematika. Selain itu, kami diajari untuk menganalisis dan menginterpretasi hasil simulasi serta efeknya dalam suatu proyek. Kami juga diberikan bekal teori berbisnis secara umum dalam mata kuliah strategi bisnis. Profesor Kemp kembali memberikan kuliah dengan topik pengenalan isu – isu dalam ekonomi migas. Disini kami mempelajari lebih dalam tentang kebijakan ekonomi migas negara – negara lain beserta pro dan kontranya. Pengenalan economic rent, pajak energi, serta kebijakan konsumsi natural gas dan CCS (carbon capture storage) juga dibahas di mata kuliah ini. Mata kuliah terakhir yang tidak kalah menarik adalah real options and decision making. Menurut saya, mata kuliah ini cukup menarik karena kami diperkenalkan bahwa dalam berbisnis, kita akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan strategi dan keberjalanan bisnis akan ditentukan dari kualitas decision making kita. Disini akan diajarkan secara komprehensif, dari teori sampai kalkulasi, bagaimana mengkuantitatifkan opsi tiap strategi dan memilih strategi yang paling menguntungkan untuk perusahaan.

Untuk kalian yang tidak punya latar belakang pendidikan ekonomi atau keuangan tidak usah khawatir. Silabus yang dibawakan semua dosen di PEEF membahas semua topik dari dasar dan cukup komprehensif. Dosen cukup mengerti bahwa pelajar PEEF memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga mereka berusaha memberikan beberapa basic di semester 1 agar semua ilmu baru mudah untuk diserap. Dosen PEEF pun juga terbuka dengan banyaknya pertanyaan ataupun diskusi yang dilontarkan, di dalam maupun di luar kelas. Semua fasilitas pendukung akademik disediakan oleh universitas mulai dari perpustakaan, akses jurnal gratis, lab komputer, dan internet wi-fi yang bisa diakses di mana pun. Selama kalian menyimak dosen dengan baik, mengerti semua konten yang diberikan dosen, mengerjakan tugas dan tutorial sendiri, seharusnya semua kesulitan bisa dilewati sehingga tidak ada yang perlu ditakuti untuk mengambil program ini.

Untuk penutup, bagi kalian yang tertarik dengan ilmu ekonomi energi dan ingin merencanakan karir di bidang ini, program master PEEF UoA ini bisa dijadikan langkah awal untuk menyerap ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya sebelum memulai. Tidak hanya programnya, universitasnya pun tidak kalah membanggakan setelah University of Aberdeen baru saja dinobatkan sebagai The Scottish University of the Year 2019 oleh Times. Di samping itu, kota Aberdeen menyajikan banyak wisata alam  mengagumkan yang bisa menjadi pelepas penat di tengah aktivitas akademik kalian. Jadi, apa lagi yang ditunggu? Kota granit menanti kalian! 🙂

Created and edited by The PEEF Ladies, Syarafina Eka Winiari dan Putri Ramadani, MScEcon Candidate in Petroleum, Energy Economy and Finance University of Aberdeen.

Jika memiliki pertanyaan seputar dunia perkuliahan di jurusan PEEF, silakan hubungi mereka: syarafinaeka@gmail.com. IG : @syarafinaekaw dan/atau putriramadani1493@gmail.com. IG : @ramadaniiputrii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s