Winter Clothes Layering

Berpakaian saat winter di UK mungkin agak sulit dan lebih sulit daripada negara-negara eropa lainnya. Cuaca Aberdeen saat winter bisa sangat bervariasi mulai dari salju sampai matahari yang cukup terik. Berpakaian dengan beberapa “lapisan” adalah cara terbaik untuk tetap hangat di UK. Untuk mendapatkan kehangatan dan kemudahan dalam memilih witer outfits, simak guide berikut ini:

Lapisan Dasar

Lapisan dasar sangat penting untuk menjaga kulit tetap kering dari kelembaban dan keringat. Lapisan dasar harus terbuat dari material yang bisa menarik moisture dan melepaskannya ke lapisan berikutnya. Lapisan dasar harus dipakai secara ketat atau menempel ke kulit. Lapisan dasar dapat terbuat dari synthetics dan wool. Jangan pernah memakai katun sebagai lapisan dasar, karena hanya akan membuat kita terasa semakin dingin, jadi tinggalkan kebiasaan memakai “singlet” atau “tank-top”.

Rata-rata terbuat dari bahan polyester. Bahan ini harus dipakai seketat mungkin dengan badan untuk mendapatkan hasil optimal. Lapisan ini juga disarankan untuk dipakai dari leher hingga kaki. Kelemahan bahan ini adalah sangat cepat bau, jadi sebaiknya siapkan stok agak banyak. Lapisan dengan bahan ini dapat didapat dengan mudah di toko-toko retail seperti primark, sports direct, etc.

Lapisan Tengah

Lapisan tengah adalah baju sehari-hari, tapi kalau memungkinkan pilih yang berlengan panjang dan tidak terbuat sepenuhnya dari katun. Sweater adalah pilihan yang sangat tepat untuk lapisan tengah. Untuk celana, bisa dipilih celana bahan yang bukan dari katun dan jeans.

Lapisan Insulasi

Kehangatan sebenarnya datang dari lapisan insulasi. Lapisan insulasi dapat dipakai berlapis-lapis. Kuncinya, lapisan tipis yang berulang-ulang lebih bagus daripada 1 lapisan tebal. Untuk lapisan ini, bahan terbaik adalah “Fleece”.  Bahan yang juga popular adalah “Down”, akan tetapi perawatan down agak sulit walaupun sangat ringan.

Lapisan Luar

Adalah lapisan yang menangkis partikel-partikel seperti angin, hujan, dan salju. Kunci untuk lapisan luar ini adalah “waterproof” dan “breathable”. Tapi sayangnya tidak ada jaket-jaket dengan harga terjangkau yang memiliki komplit kedua fitur. Ada 2 pilihan untuk lapisan luar:

Hard Shell

Sangat waterproof dan tahan lama, hard shell jacket tidak perlu perawatan khusus, tapi akan sangat tidak nyaman jika dipakai untuk waktu yang lama karena tidak dapat membuang kelembaban yang ada di sisi dalam jaket. Untuk mahasiswa Aberdeen, sepertinya Hard Shell jacket adalah pilihan yang paling tepat.

Soft Shell

Jaket-jaket ini dipasarkan dengan informasi “breathable” akan tetapi waterproof dari jaket ini bersifat sementara dan akan hilang dalam waktu 1-2 bulan pemakaian terus menerus. Soft Shell sangat tepat untuk digunakan di eropa sewaktu musim liburan.

Celana

Waterproof trousers. Sangat banyak pilihan untuk waterproof trousers, tapi intinya pilih bahan yang ringan dan tidak perlu yang insulated atau bahan-bahan yang menawarkan kehangatan ekstra, karena bagian kaki cenderung selalu bergerak dan badan akan sendirinya menghasilkan panas di kaki.

Kaos Kaki

Banyak orang yang melupakannya dan berpikir kaos kaki tidak penting, tapi kebalikannya, kaos kaki sangat penting. Bahan wool dan synthetic yang mempunyai sifat quick-drying sangat bagus. Jangan pernah memakai kaos kaki berbahan katun.

Topi, Scarf dan Sarung Tangan

Topi kupluk sangat krusial untuk menyimpan panas di kepala. Cari topi yang dapat menutupi telinga dengan sempurna. Sarung tangan, lagi-lagi sangat banyak sarung tangan berbahan katun yang dijual, sebaiknya tidak usah dipakai jika berbahan katun. Scarf sangat bagus untuk menyimpan panas di leher, pilih scarf yang juga bisa menutupi mulut dan sebagian hidung.

Semoga guide di atas berguna untuk tetap menjaga kehangatan dan kemudahan walau saat winter.

Salam,

Divisi Kekeluargaan PPI Aberdeen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s